KPK MEMERIKSA Pardede

Mantan Sekretaris Komite Stabilitas Sistem Keuangan  Raden Pardede diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi selama lebih kurang tujuh jam terkait penyidikan kasus dugaan pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek pada Bank Century dan penetapan Century sebagai bank gagal berdampak sistemik, Rabu (13/11/2013).

Seusai diperiksa, Pardede yang juga Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) itu mengaku hanya memberikan informasi tambahan kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi seputar rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). ”Intinya adalah kami menjelaskan bagaimana rapat yang dulu dan pengambilan keputusan,” kata Pardede saat keluar dari Gedung KPK.

Namun, Pardede tidak mengungkapkan lebih jauh informasi apa yang dia sampaikan kepada penyidik KPK selama pemeriksaan. Kendati demikian, Pardede mengaku yakin bahwa KPK akan mengungkapkan siapa saja yang bersalah dalam kasus Century ini.

Saat ditanya apakah KSSK mendapat tekanan pihak tertentu saat memutuskan kebijakan bail out, Pardede membantahnya. ”Saya yakin KPK akan menghukum orang yang bersalah, dan membenarkan orang yang benar,” ujarnya.

KPK memeriksa Pardede karena dia dianggap tahu seputar kasus Century. Pardede yang pernah dicalonkan sebagai gubernur BI itu sudah beberapa kali diperiksa sebagai saksi. Dalam kasus ini, KPK baru menetapkan Budi Mulya sebagai tersangka. Ia diduga melakukan penyalahgunaan kewenangan dalam pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) untuk Bank Century dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal.

Selain memeriksa Pardede, KPK memanggil saksi lainnya, yakni Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI, Filiangingsih Endarta, dan mantan direksi Bank Century, Hamidy.ppm3 copy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s