SIAP MENENANG SIAP DUKUNG YANG MENANG

Siap Menang dan Siap Dukung yang Menang

23 Juli 2013 pukul 21:37

Wawancara DesriAyunda, Calon Walikota Padang

 

Tidak lama lagi, pesta demokrasi dalamperhelatan rakyat memilih pemimpin baru Kota Padang untuk periode 2014-2019akan dilaksanakan. Mengusung motto “Desri Ayunda, Bersama untukPerubahan”, tokoh Kota Padang ini menyatakan Insya-Allah siap maju sebagaicalon walikota. Desri Ayunda, yang sekarang menjabat sebagai Dirut PT IgasarSemen Padang,  melahirkan visi misi danrencana strategis: “Mewujudkan Padang kota religius dan berbudaya yang ramahinvestasi dalam rangka menumbuhkan ekonomi berbasis perdagangan, pendidikan danpariwisata.” Berikut petikan wawancara dengan calon  walikota H. Desri Ayunda, SE, MBA.

Apa    yang   membuat   Anda maju   dalam  pemilukada    mendatang?

Kota Padang bagi saya adalah tanah tumpahdarah. Saya sangat ingin membangun kampung ha-laman ini agar bisa lebih maju,sebab Padang hari ini benar-benar centang parenang dengan berbagai kenyataanyang memprihatinkan. Terutama sekali bebeberapa hal pokok. Dalam sisi tatakelola pemerintahan daerah, daerah ini be- belum mampu mengelola rumah-tangganyasendiri. Masyarakat juga tidak bisa menjalankan fungsi kontrol dengan baik.Terjadi pem-bungkaman di mana-mana sehing-ga seolah daerah ini tidak adamasalah.

Sisi lain adalah pola pemba-ngunanekonomi, yang tidak meli-batkan partisipasi masyarakat, pa-dahal jikamasyarakat didorong untuk terlibat maka akan bisa banyak lahir alternatifkegiatan ekonomi baru/ekonomi kreatif. Secara khusus, pembangunan kem-baliPasar Raya Inpres diharapkan menjadi starting point pemulihan ekonomi KotaPadang secara umum. Beberapa hal penting harus dilakukan terkait dengan programpemulihan ekonomi dan revitalisasi pasar-pasar satelit di Kota Padang. Jikadipercaya menjadi pemimpin InsyaAllah kita mampu merealisa-sikannya.

Apa skalaprioritas pemba-ngunan yang Anda lakukan jika Anda diberi kepercayaan  memim-pin Kota Padang lima tahun ke depan?

Pada prinsipnya, kita akan me-lakukanpembangunan secara me-nyeluruh, yang intinya untuk ke-maslahatan rakyat. Namun,berbi-cara masalah skala  prioritas, adabeberapa    sektor  pembangunan, yakni:  ekonomi berbasis  perdagangan, pendidikan,pariwisata, transportasi dan kesehatan. Namun bukan berarti sektor lain akan diabaikan.

Apa pertimbangannya?

Lima sektor yang saya sebutkan tadi tidakberjalan  sendiri, tetapi amatmempengaruhi sektor-sektor lain. Aspek pendidikan misalnya, kita juga harusmenciptakan Pa-dang menjadi kota pendidikan. Maksudnya bukan banyaknyase-kolah, tapi bagaimana kualitas sekolah lebih baik dan sekolah bisa senyamanrumah sendiri. Anak-anak kita merasa betah di sekolah. Pendidikan adalah cerminkema-juan dan keberhasilan suatu bangsa. Kemudian aspek ekonomi yang ramahinvestasi, jangan bayangkan investasi yang besar-besar dulu. Investasi orangperorang kecil-kecil adalah urat tunggang perekonomian bangsa. Perludioptimalkan rakyat bisa mengurus usahanya dengan mudah, tidak ada keluhan soalperizinan, tempat dan pasar. Pen-ting juga menata ulang desain pem-bangunanekonomi bahari sehingga potensi kelautan yang amat besar dimiliki kota Padangdapat lebih  memberi manfaatsebesar-besarnya kepada  rakyat.  Pada aspek  pari-  wisata, menata  kawasan   wisata yang aman dan nyaman dan menjadikankawasan wisata sebagai sumber pendapatan daerah yang poten-sial serta menjadialternatif kegiatan ekonomi baru dan pendapatan baru bagi masyarakat. Tak berlebihanjika kemudian saya sebutkan Gunung Padang sampai ke pantai Air Manis akanmenjadi panorama yang bagus setelah disentuh investor. Kota Padang sebagaiibukota Provinsi Sumatera Barat, merupakan Pusat Kegiatan Nasional (PKN) yangberfungsi sebagai pusat pelayanan jasa produksi, distribusi barang serta pintumasuk atau simpul transportasi wilayah sekitarnya  (hinterland). Untuk  peran ini dibutuhkan suatu  sistem transpor-tasi kota yang handal danmampu mempu   memberikan   pelayanan akssesbilitas   dan  manusia memobilitas  manusia,  barang  dan jasa  secara  lancar, aman,  cepat,  murah dan nyaman. Untuk itu  diperlukan perencanaan    dan pembangunan sarana dan prasarana transportasi yang mempertimbangkan  perkiraan perubahan aktivitas,  polapergerakan  serta  peruntukan lahan  sehingga tidak  terjadi kesenjangan  antara transportasi supply dan transportasi demand. Serta yang tidak kalahpenting adalah pemberdayaan ekonomi perempuan dan pemuda juga akan sangatmenjadi perhatian untuk dioptimalkan.

Apa yangAnda lihat dari ke-pemimpinan saat ini?

Sekadar evaluasi, pemetaan po-tensimasyarakat tidak dilakukan, begitu juga keterlibatan tokoh ma-syarakat dan paraahli dalam kajian strategis kurang mendapat tempat. Akibatnya  gaya pengelolaan ter-kesan tidak ilmiah. Gaya kepemim-pinan yang tidak aspiratifberlaku, membuat partisipasi masyarakat kuraang. Paradigma melibatkan  rakyat dalam agenda-agenda eko- nomi, tidakdirasa penting. Selain itu aktivitas rakyat tidak banyak variasinya, bidangusaha baru/ekonomi kreatif tidak banyak dirangsang untuk tumbuhkem-bangnyaagenda ekonomi alternatif.

Jikaterpilih, pemerintahan seperti apa yang kelak Anda terapkan?

Saya bertekad untuk mencipta-kanpemerintahan yang bersih, jujur, berakhlak mulia, bertanggung jawab, berwibawadan berpihak pada rakyat. Saya juga  akanmeli-batkan perguruan tinggi  dalamme-nyiapkan rencana pembangunan kota Padang lima tahun ke depan.

Bagaimanaprediksi Anda de-ngan hasil pemilukada nanti?

Dengan dukungan masyarakat, sayasangat  optimis, dan harus op-timis.Masyarakat Padang pasti mendambakan perubahan yang jauh lebih baik darisekarang. Saya bertekad untuk itu. Dan selan-jutnya, saya serahkan kepadaAllah.

Anda tidaktakut kalah?

Ha ha ha… Kalau takut kalah bukankompetisi namanya. Saya siap menang dan  siap untuk kalah. Yang penting,kita berkompetisi secara sehat dan elegan. Dan saya siap membantu bagi walikotayang terpilih, baik dengan program maupun pikiran.

DESRIYUNDA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s