MICHEL JADI

Tentang

Bang Michel dan Bang Jen (MICHEL JADI) adalah pasangan Calon Wako dan Wawako pada Pilkada Kota Padang bulan Oktober 2013 mendatang.
Biografi
H. Mohammad Ichlas El Qudsi, SSi, MSi adalah putra sulung dari Alm. H. Helmi Nisan dan Dra. Hj. Yulmidar Syafei, lahir di Kota Padang atau tepatnya di daerah Tabing kecamatan Koto Tangah pada tanggal 26 Juni 1970. Sejak kecil papa dan ibu memanggilnya dengan nama kesayangan Michel yang merupakan singkatan dari nama panjangnya Mohammad ICHlas EL qudsi.

Sang ayah yang biasa dipanggil Papa dari suku Sumpadang berasal dari Tanjuang Aua dan ibu yang bersuku Koto, dari Ikua Koto, di Kecamatan yang sama Koto Tangah. Keluarga besar ini sudah turun temurun tinggal di wilayah ini yang merupakan Kecamatan dengan penduduk terpadat di Kota Padang. Kalau diruntut lagi lebih jauh keluarga besar Michel ini masih memiliki jalur keturunan dari Nagari Saningbaka dan Muaro Pingai, Kabupaten Solok.

Sebagai putra tertua dari lima bersaudara, Michel sejak kecil sudah terbiasa memegang tanggung jawab. Sejak belum masuk SD, Michel sudah membantu ibunya mengajar mengaji dirumah dan sudah mendapat giliran menjaga warung didepan rumahnya. Michel lulus dari SD Inpres Parupuk Tabing, Padang, tahun 1983 dan lulus SMP Negeri 13 Padang pada tahun 1986.

Jiwa aktivis yang diturunkan dari Ibunya yang merupakan aktivis Aisyah di Kota Padang dan di Sumbar, membuat Michel sejak kecil sudah aktif ikut organisasi disekolah maupun diluar sekolah. Michel pernah menjadi Ketua OSIS SMP Negeri 13 Padang pada tahun 1984-1985. Dan Michel pernah menjadi Sekretaris Umum kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 2 Padang pada tahun 1987-1988. Michel lulus dari SMA Negeri 2 padang pada tahun 1989.

Michel kemudian melanjutkan kuliahnya di jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Andalas, Padang, pada tahun 1989. Semasa kuliah Michel juga aktif di Senat Mahasiswa. Michel pernah menjadi Ketua Senat FMIPA Universitas Andalas Padang pada tahun 1992-1993. Pada tahun yang sama itu pula Michel terpilih sebagai Ketua Pembinaan Anggota (PA) Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Padang, sebuah organisasi mahasiswa ekstra kampus dimana Michel juga aktif sebagai anggotanya. Selain itu Michel juga pernah menjadi Wakil Ketua Kelompok Cinta Alam/Lingkungan Hidup Raflesia Padang pada tahun 1990-1991, dan pada tahun 1996 bersama teman-temannya mendirikan LSM yang bernama Kabisat Indonesia yang masih eksis di Padang hingga saat ini.

Keaktifannya di organisasi ekstra kampus inilah yang membawa Michel hijrah ke Jakarta. Sebelum menyelesaikan kuliahnya di FMIPA Universitas Andalas Padang, Michel telah dipanggil untuk menjadi pengurus di Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) di Jakarta. Dan pada tahun 1998-1999, Michel menjadi Wakil Sekjend PAO (Pembinaan Aparat Organisasi) di PB HMI tersebut.

Meskipun aktif di PB HMI, Michel tidak melupakan untuk menyelesaikan kuliahnya di jurusan Biologi FMIPA Universitas andalas Padang. Setelah lulus pada tahun 1997, Michel kemudian melanjutkan kuliahnya lagi di jurusan Ilmu Komunikasi Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, pada tahun 1998.

Dengan pertimbangan ingin lebih fokus dalam menyelesaikan kuliah pasca sarjananya, pasca orde baru Michel pernah menolak beberapa kali tawaran untuk aktif di partai politik sebagai pengurusnya. Kuliah pasca sarjana akhirnya diselesaikan Michel pada bulan Agustus tahun 2002.

Pasca kongres II PAN di Semarang, Michel masuk sebagai salah seorang pengurus DPP PAN sebagai Wakil Ketua Departemen PAO di Badan Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK).

Michel juga aktif mengikuti seminar-seminar maupun beberapa pelatihan atau training baik yang diadakan di Kota Padang maupun dibeberapa kota di Indonesia seperti di Jakarta, Bogor, dan Bandung. Setelah tinggal di Jakarta, Michel yang mempunyai bakat yang besar dalam bidang pelatihan atau training berusaha makin mendalami ilmu tersebut terutama dalam bidang pengembangan Sumber Daya Manusia. Michel juga aktif sebagai narasumber dibeberapa seminar dan banyak menjadi Pelatih atau Trainer di beberapa pelatihan yang diadakan di kota-kota diseluruh Indonesia yang diadakan oleh beberapa lembaga, dan bahkan juga aktif menjadi Designer Training dari beberapa pelatihan tersebut.

Pada tahun 2002, Michel mendirikan Institute For Exelent Leadership Development (IELD) di Jakarta, dan menjabat sebagai Direktur Eksekutif-nya. Pada tahun 2004 juga mendirikan Michel El Qudsi Leadership Centre (MLC) yang berpusat di Jl. Cisadane 11A, Jakarta Pusat. Selain itu Michel juga mendirikan beberapa perusahaan yang bidang usahanya berada di Jakarta maupun di Sumatera Barat.

Michel menikah dengan Hj. Difla El Qudsi, SH, MH, perempuan yang lahir dari ayah yang berasal dari Payakumbuh bersuku Chaniago dan ibu yang bersuku Panyalai berasal dari Lubuk Alung, Kabupaten Pariaman, yang jika diruntut lebih jauh turunan dari Alahan Panjang – Solok. Dan pernikahan tersebut telah dikaruniai sepasang putera puteri, Mohammad Zuhdi El Fathani dan Chalisa Jasmine Azhima.

Saat ini Michel adalah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2009-2014, di komisi XI. Michel adalah salah satu legislator terpilih yang mewakili daerah pemilihan Sumatera barat 1

Info Umum

Bergabung dengan Facebook 30/07/2013

Lokasi Jalan Sam Ratulangi no.7, Kota Padang

Kota Asal Padang

Afiliasi Partai Demkorat – Partai Amanat Nasional

Negara Indonesia

Saat ini Mencalonkan Sebagai
Jabatan: Walikota Padang
Partai: Partai Demokrat & PAN

Jabatan Sekarang
Jabatan: Anggota DPR RI
Partai: Fraksi PAN

Pandangan Politik Moderat

Kiriman DPr RI dan DPRD Padang

Agama Islam

motor mantap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s